Bisnis yang Cucok

Banyak sekali orang yang bertanya, bisnis apa sih yang cocok bagi saya? Seringkali orang bingung, harus mulai dari mana dan bagaimana? Banyak sekali yang bertanya rekomendasi bisnis apa yang cocok untuk dijalankan. Sebelum lanjut ke pokok bahasan mengenai bisnis yang cucok, ada baiknya kita pelajari dulu, bisnis itu apa sih?

Bisnis secara kasat mata adalah system kerja yang menghasilkan uang. Tapi mengapa uang bisa hadir? Apa sebabnya?

Uang adalah alat tukar “nilai tambah”. Kita mau mengeluarkan uang jika kita menerima manfaat, maka kita akan dapat uang jika kita ‘memberi manfaat’ bukan? ^^

Di sekitar kita, ada banyak sekali bisnis yang tumbuh. Jualan makanan, jualan pulsa, jual jasa service motor, tambal ban, dan banyak lagi yang lainnya. Mengapa bisnis-bisnis tersebut tumbuh profitnya? Karena produk yang mereka tawarkan memang menjawab kebutuhan market, ada benefit nya! Maka bisnis itu sebenarnya urusan ‘menghadirkan benefit’. Bisnis adalah menghadirkan manfaat, lewat produk yang ditawarkan. Anda melihat teman-teman pengguna gadget kesulitan dalam melakukan –electric charge, maka Anda buat power bank, atau Anda jual. Itu suatu hal yang manfaat!

Anda terdorong untuk melayani sarapan teman-teman yang kuliah pagi hari, Anda kemas sandwich, dan Anda jual! Anda terdorong untuk membantu usaha kecil menengah dalam mengembangkan bisnisnya, Anda sediakan jasa layanan konsultasi bisnis. Maka sekali lagi, bisnis adalah bukan soal mendapatkan uang, mengumpulkan uang, tapi lebih dalam dari itu, bisnis adalah ‘Share your benefit’!

Maka, paduan antara benefit dan price yang tepat akan hasilkan value atau nilai tambah. Di sinilah kekuatan sebuah produk : value. Maka semakin cucok diri seorang dengan produk yang akan ditawarkan, makin cemerlang bisnisnya. Seseorang yang hasrat jiwanya di dunia fashion, pastilah lebih mudah dan bergairah dalam menghadirkan produk katefori fashion. Seseorang yang sudah lama bergelut di dunia edukasi manusia, training, motivate others, encourage people, tentu akan lebih fit untuk hadirkan jasa edukasi. Jadi, bisnis yang cucok untuk Anda adalah bisnis yang fit dengan jiwa Anda.

Maka pertanyaan : “bisnis mana yang pas dengan saya ya?” yang bisa menjawab ya diri Anda sendiri. Karena bisnis tersebut harus sesua dengan jiwa Anda. Jadi, berhenti nanya ke orang tentang bisnis apa yang layak Anda jalankan. Tanya ke diri Anda.

Bisnis bukan semata cari uang, bisnis yang benar adalah aktualisasi hadirkan manfaat atas karunia potensi yang Allah titipkan. Mungkin beberapa pertanyaan ini bisa membantu Anda sebelum memulai bisnis Anda. Simak beberapa pertanyaan berikut :

    Apa maksud Allah hadirkan saya ke muka bumi ini?
    Manfaat spesifik apa yang bisa saya berikan secara optimum ke sesama?
    Jika manfaat tersebut aku kemas dalam sebuah produk, apa rupa produkku : Barang atau Jasa
    Kepada siapa produk tersebut akan aku tawarkan, siapa yang membutuhkan produk itu?
    Bagaimana caraku menyampaikan produk itu kepada mereka?
    Mengapa mereka harus membeli produkku, tidak membeli produk lain yang sejenis?
    Setelah produkku dinikmati, dari mana uang masuk mengalir? (Lihat Google, pengguna gratis, uang ngalir dari iklan)

Dan masih ada banyak pertanyaan yang lainnya. Coba rangkum sendiri ya.. ^^

Begitu pasar melihat produk Anda bernilai, maka mereka akan membeli. Dan uang pun akan mengalir.

Selamat menemukan bisnis yang cucok dengan Anda. Ingin ikutan training dengan @kang rendy? Silahkan simak timeline beliau. Insya Allah ilmunya tentang bisnis mantap bannar… ^_^

0 comments:

Post a Comment