Bukan Pria Idaman

Di dunia ini, lelaki memang banyak. Namun tidak lantas kita sebagai wanita bebas untuk memilih pendamping hidup. Sekarang ini, sangat sulit untuk menemukan sosok lelaki shalih yang dapat membuat kita semakin mencintai Allah. Siapakah pria yang tidak pantas menjadi idaman dan tambatan hati? Simak ciri-ciri bukan pria idaman beritkut ini ya,

1. Pria dengan Akidah yang Amburadul

Pria model seperti ini memiliki prinsip, jika cinta ditolak maka dukun bertindak. Jika ingin sukses dan lancar dalam bisnis, maka harus menggunakan jimat-jimat. Ingin membuka usaha pun ia memakai pelarisan. Jika berencana ingin menikah, ia menghitung hari baik dulu. Dan yang menjadi kegemarannya agar hidup lancar adalah dengan mempercayai ramalan bintang agar ia lebih percaya diri.

2. Menyia-nyiakan Shalat

Tidak shalat jamaah di masjid juga menjadi ciri bukan pria idaman. Padahal shalat jamaah bagi pria di masjid adalah suatu kewajiban. Imam Syafi’i sendiri mengatakan, “Adapun shalat jama’ah, aku tidaklahh member keringanan bagi seorang pun untuk meninggalkannya kecuali ada udzur.” (Ash Sholah Wa Hukmu, hal. 107). Jika pria yang menyia-nyiakan shalat berjama’ah di masjid saja bukan merupakan pria idaman, lantas bagaimana dengan pria yang tidak pernah melakukan shalat?

Ibnu Qayyim Al Jauziyah mengatakan, “Kaum muslimin tidaklah berselisih pendapat (sepakat) bahwa meninggalkan shalat wajib dengan sengaja adalah dosa besar, dan dosanya lebih besar daripada membunuh, merampas harta orang lain, berzina, mencuri, dan meminum khamr.  Orang yang meninggalkannya akan mendapat hukuman dan kemurkaan Allah serta mendapat kehinaan di dunia dan akhirat.”

3. Tidak Menundukkan Pandangan

Sulit menundukkan pandangan ketika melihat wanita. Allah berfirman, “Katakanlah kepada lelaki yang beriman,’Hendaklah mereka menahan pandangannya dan memelihara kemaluannya, yang demikian itu adalah lebih suic bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat.” (QS. An Nur : 30)

Dalam surat tersebut Allah memerintahkan kepara para lelaki yang beriman untuk menundukkan pandangan dari hal-hal yang diharamkan, yaitu wanita yang bukan mahram.

4. Suka Berkhalwat

Inilah sikap pria yang tidak baik, sering mengajak pasangannya yang belum halal untuk berduaan. Berduaan di sini bisa pula bentuknya tanpa hadir dalam suatu tempat, nemun lewat pesan singkat (sms), atau jejaring social lainnya. Seperti ini pun termasuk semi khalwat yang terlarang.

5. Tangan yang Suka Usil

Pria yang termasuk dalam kategori bukan pria idaman memiliki kebiasaan yang buruk satu ini, tangannya yang suka usil menyelami wanita yang tidak halal baginya.

Rasulullah SAW bersabda, “Setiap anak Adam telah ditakdirkan bagian untuk berzina, tidak bisa tidak. Zina kedua mata adalah dengan melihat. Zina kedua telinga adalah dengan mendengar. Zina lisan adalah dengan berbicara . Zina tangan adalah menyentuh/meraba. Zina kaki adalah dengan melangkah. Zina hati adalah dengan menginginkan dan berangan-angan. Lalu kemaluanlah yang nanti akan membenarkan / mengingkari yang demikian.” (HR. Muslim No. 6925)

6.       Tanpa Arah yang Jelas

Rasulullah SAW bersabda,”Seseorang dianggap telah berdosa jika ia menyia-nyiakan orang yang telah menjadi tanggungannya.” (HR. Muslim No. 996)

Berarti criteria pria idaman adalah ia yang bertanggung jawab terhadap istrinya dalam hal nafkah. Sehingga seorang pria harus memiliki jalan hidup yang jelas dan tidak boleh ia hidup tanpa arah. Selain itu, ia tidak melupakan istrinya untuk diajari agama. Karena untuk urusan dunia harus kita urus, apalagi untuk urusan akhirat. Sehingga sejak dini pun seorang pria sudah mulai membekali dirinya dengan ilmu agama yang cukup untuk dapat mendidik istri dan keluarganya.

Demikian ciri-ciri bukan pria idaman. Semoga rangkuman tersebut dapat menjadi petunjuk bagi wanita shalihah untuk memilih pria idamannya.

Sumber : @rumaishacom

0 comments:

Post a Comment